SD Kalam Kudus

cimg2746“Siapa yang pernah merakit robot?” Pertanyaan tersebut mengawali presentasi robotika kami di SD Kalam Kudus pada hari Jumat, 30 Januari 2009. Bukannya angkat tangan, adik-adik SD Kalam Kudus malah pasang wajah bingung, celingak-celinguk liat teman-temannya. Memang robotika belum familiar di wajah pendidikan Sulawesi Selatan. Hal itu lah yang mendorong kami, para aktivis robotika di bangku kuliah, untuk berbagi ilmu dan menyadarkan betapa pentingnya teknologi tersebut di masa depan. Tantangan inilah yang akan mereka hadapi di masa depan, saat sebuah permasalahan perlu dipecahkan dengan pemikiran-pemikiran luar biasa dari jiwa penemu sadar teknologi yang dididik dan terlatih sejak dini.

cimg2751Presentator sejati kami, K Uyach, memperlihatkan aktivitas robotika di bangku sekolah seusia mereka melalui video. Begitu banyak aplikasi teknologi yang bisa mereka pelajari dari aktivitas robotika ini. Wah, wajah bingung mereka perlahan-lahan berubah menjadi wajah antusias. Mereka langsung rame-rame angkat tangan, saat K Uyach melontarkan pertanyaan, “Ada yang tertarik merakit robot bersama kami?”

 Setelah mendapatkan penjelasan singkat tentang model yang akan mereka rakit oleh mentor masing-masing kelompok, adik-adik yang telah terpilih untuk mewakili temannya dalam merakit robot langsung beraksi, merakit “building blocks”, memasang sensor, motor, kabel, dan instrument lainnya. Sebenarnya mereka lagi buat model apa siih? Nih fotonya :

 cimg2771cimg2785cimg2798cimg2799

 

 

 

 

 Serius amat yah? Gak ada yang senyum waktu di foto. Hihi… Ternyata adik-adik SD Kalam Kudus lagi merakit simulasi alarm system dan mobil masa depan, yang motornya digerakkan oleh sinar matahari. Wow…. Ternyata tangan-tangan lincah mereka mampu menyelesaikan model dalam waktu sekitar 30 menit. Hebaat! Setelah belajar prinsip kerja dan memahaminya, mereka pun kembali ke kelas dan siap berbagi ilmu dengan teman-teman lainnya.

Dengan mantap, mereka menjelaskan prinsip kerja dari masing-masing robot yang mereka buat. Teet…teet…teet… Buzzer berbunyi nyaring saat tim terpilih mendemokan system alarm pencuri. Teman-teman mereka pun antusias melihat demo robot yang telah mereka rakit. Apalagi saat melihat mobil bertenaga surya beraksi. Waaah…. Kasi daah! Untuk melengkapi serunya Roadshow Robotika kali ini, kami tak lupa mendemokan Pneumatic Excavator. Excavator ini dilengkapi dengan kompresor yang akan menyuplai udara ke silinder-silinder udara yang berfungsi untuk menggerakkan tungkai excavator.

cimg2801

 Presentasi ditutup dengan kalimat motivasi dari K Uyach, “Kalian harus mulai membuat masa depan kalian dari sekarang, dan kami yakinkan bahwa kami akan membentuk kalian menjadi penemu-penemu muda yang sadar teknologi dan siap bersaing di masa depan.”

Terima kasih adik-adik dan Bapak/Ibu Guru SD Kalam Kudus. Sungguh pengalaman berharga dan tak terlupakan bisa berkunjung di sekolah hebat ini, sang pelaksana Olimpiade Sains Makassar. Adios SD Kalam Kudus, kami tunggu kalian di CyberLogic.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: