SD Katolik Hati Kudus Rajawali

SD Katolik Hati Kudus

15 Desember 2008

Wew,, hari Senin di awal minggu ketiga bulan Desember tahun 2008, seminggu lagi Natal.. [loh, kok gak nyambung ya?!].

Baiklah, kembali ke topik semula. Ini hari kami akan mengunjungi SD Katolik Hati Kudus yang terletak di Jln. Arief Rate. Pukul 08.00 wita tim sudah siap di kantor, tumben2an semua sudah pada siap jam segitu. Setelah mempersiapkan alat-alat, kami pun berangkat dengan hati yang riang gembira, mengingat 10 hari lagi Natal.. [gak nyambung lagi nih..]

Sesampainya di SD Hati Kudus, kami disambut oleh Bapak Satpam yang sedang tidak berada di tempat, sehingga kami memutuskan untuk membuka pintu sendiri [maafkan kami, kami tidak sopan,,]. Kemudian kami menuju ke ruang tata usaha. Tunggu punya tunggu, akhirnya Suster Kepala datang juga. Kami pun mengucapkan salam, berbincang sejenak, lalu menuju ke kelas VI A yang akan dipakai sebagai ruangan presentasi.

Setelah setting2 tempat dan alat, persentasi pun dimulai. Pesertanya kali ini tidak terlalu banyak, mengingat bahwa ruangan yang kami gunakan bukan aula sekolah, melainkan ruangan kelas yang hanya memuat 50 – 60 siswa. Pesertanya sendiri berasal dari kelas 4 – 6 SD dengan paras yang imut, lucu, cantik, dan chubby2. Sementara itu pula, Ibu Guru memilih empat orang anak yang akan merakit robot bersama kami.

cimg2138

cimg2124

Melihat video persentasi kami yang pertama, respon anak-anak masih datar2 saja. Tetapi begitu melihat video dari fischertechnik, anak-anak mulai bereaksi, “ Waaaahhhhhh…”, “Beeghhhhhh..”, “Ih bagusnya…”.. Waahh.. Lucu nian anak-anak SD ini. Melihat kekaguman di mata mereka, kami jadi bersemangat. [terimakasih adik-adik..]

cimg2125

Setelah itu, saya dan kak Lutfi kemudian menuju ke ruang guru untuk merakit robot di sana. Proses perakitan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Oh iya, kali ini, kita merangkai kincir angin dan alarm system. Jadi desainnya itu, kita membuat pintu yang di baliknya terdapap magnet. Magnet ini terhubung dengan sensor magnetic dan buzzer. Jadi ketika pintunya dibuka, buzzernya akan berbunyi, menandakan seolah-olah ada pencuri yang masuk. Meskipun pintunya ditutup, alarm tetap akan berbunyi. Alarm akan diam jika saklar ditekan. Begitulah kira-kira gambaran singkat mengenai prinsip kerja alarm system.

Saat anak-anak sudah selesai merakit, mereka kembali diarahkan ke ruang kelas dengan membawa hasil karyanya masing-masing. Ternyata di dalam kelas kak Yuriko sudah mendemokan robot obstacle-light detector. Anak-anak pastilah mengerumuninya. Setelahnya, teman2 mereka yang sudah merakit kemudian menjelaskan prinsip kerja dari hasil rakitannya. Nah, pada saat mereka menjelaskan, ada satu orang anak yang bernama Andri, menjelaskan alarm system dengan sangat lengkap. Kami jadi terkagum-kagum, karena anak SD seusianya sudah tau tentang medan magnet [Wow, Andri, pintar banget sih..]

cimg2153

cimg2139

cimg2141

cimg2145

Setelah mereka menjelaskan, robot obstacle light kemudian diujicobakan lagi..

cimg2151

cimg2152

Respon anak-anak yang bagus, respon anak-anak yang lucu, membuat kami merasa sangat senang sudah diberi kesempatan roadshow di SD Hati Kudus..

Terima kasih Suster kepala, terima kasih Ibu dan Bapak Guru, dan terima kasih adik-adik.. Tetap semangat ya..

Responses

  1. Bagus, karena saya adalah anak SD Hati Kudus Rajawali sendiri. Saya bangga karena teman-teman saya dapat merakit robot, apalagi teman saya pada gambar cimg2141.jpg.

  2. Wah, teman kamu yang mana nih, yang cewek atau yang cowok? hayooo…

    Terimakasih ya atas kunjungannya ke blog kami, rajin2 berkunjung ya,,

  3. bgus bgdd …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: