SDN Unggulan Monginsidi 1

SDN Unggulan Monginsidi 1

13 Desember 2008

Pukul 09.00 tim fischertechnik sampai di salah satu sekolah unggulan yang ada di Makassar, yaitu SDN Unggulan Monginsidi 1. Saat kami memasuki sekolah ini, anak-anak SD yang sedang berada di halaman sekolah mengerumuni kami seperti semut mengerumuni gula. Wajar saja sih, soalnya kami membawa robot model kami yang sudah jadi, yaitu robot obstacle-light detector. Gak heran kan, anak-anak itu serasa melihat mainan modern baru yang bagus.. [narsis dikit gak papa kan..].

Setelah kami sampai di ruang kepala sekolah, ternyata ibu kepala sekolahnya lagi gak ada, makanya kami disuruh menunggu sebentaran di ruang perpustakaan. 15 menit kemudian, kepala sekolah datang, bincang-bincang sejenak, lalu kami menuju ke ruangan yang akan digunakan sebagai ruangan persentasi. Ternyata ruangan ini merupakan dua ruangan kelas yang digabungkan menjadi satu, kedua ruangan ini hanya dipisahkan oleh sebuah pintu geser. [kira2 pintunya digeser ke mana hayo, atas bawah kiri kanan???]

Setelah setting tempat dan alat selesai, presentasi pun dimulai. Seperti biasa, kak Uyha berperan sebagai presentator, kak Yuriko dan kak Lutfi sebagai pendemo robot, dan sisanya berperan sebagai tim penggembira [hayo kamu bisa!!]..

cimg2075

cimg2100

Syukurlah, anak-anak di sekolah ini mempunyai respon yang cukup bagus, suara mereka yang nyaring menyambut setiap pertanyaan yang dilemparkan kak Uyha. Alhasil, saya yang mulanya berada di dalam kelas memilih untuk keluar kelas, karena suara mereka nyaring nian.. [sampai-sampai telinga saya rasanya menjadi tuli,, hiperbola mode: ON].

cimg2090

cimg2086

Empat orang anak yang terpilih untuk merakit robot bersama kemudian diarahkan ke ruangan perpustakaan. Model yang dirakit ada dua, yaitu kincir angin dan hand dyrer. 30 menit kemudian, robot selesai dirakit.. Keempat anak tersebut kemudian diarahkan kembali menuju ke kelas, untuk mendemokan robot yang mereka rakit sambil memberikan penjelasan ilmiah..

cimg2094

cimg2097

Lalu, setelah mereka selesai, kak Yuriko kemudian mendemokan robot obstacle-light detector, namun sayangnya, baterai alias catu daya yang kami gunakan tiba-tiba menjadi low battery.. Wah sayang sekali, anak-anak tidak dapat melihat robot kami yang canggih itu, tapi untungnya rasa ingin tahu mereka tidak berkurang sedikit pun. Alhasil, kak Yuriko hanya bisa mendeskripsikan prinsip kerja robot ini [maafkan kelalaian kami adik-adik…]..

cimg2107

Well, presentasi selesai, tim kami berberes, pulang deh. Makasih ya adik-adik SDN Unggulan Monginsidi 1.. Mudah2an kita bisa berjumpa lagi di lain kesempatan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: