SLTP Gamaliel

cimg2823Teman-teman SLTP Gamaliel ternyata sudah berkumpul di dalam aula, saat kami berjalan memasuki sekolah. Siswa kelas 1, 2 dan 3 ternyata sudah duduk dengan rapi. Tak ingin membuat mereka menunggu lama, segera setelah mempersiapkan ini-itu, presentasi dimulai dengan pemutaran video liputan RCTI tentang aktivitas robotika di bangku sekolah. Teman-teman memperhatikan video dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (halah… proklamasi kalee…) Hihi…

 Setelah terpilih dan masuk ke ruang kelas terpisah, beberapa teman yang terpilih untuk mewakili temannya dalam merakit robot, mulai menyusun konstruksi robot sederhana mereka dengan menyusun “building blocks” Fischertechnik. Fischertechnik merupakan salah satu fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran robotika di CyberLogic. Fischertechnik ini didatangkan langsung dari Jerman lho. Fischertechnik sudah mendunia dan telah banyak digunakan untuk mendukung dunia pendidikan dari tingkat TK-Universitas. Dan tidak berhenti disitu, Fischertechnik juga banyak digunakan di dunia profesionalisme kerja. Misalnya saja, pengembangan, perancangan dan simulasi system pergudangan dengan modul Fischertechnik yang telah digunakan oleh Siemens.

cimg2832cimg2836Tangan-tangan mungil teman-teman SLTP Gamaliel ternyata dengan lincah telah selesai merakit model robot sederhana tanpa pemrograman. Sensor, sel surya, motor, dan perangkat elektro lainnya menyusul terpasang dengan cepat. Mantap deh. Dan kekaguman kami tidak berhenti begitu saja, ternyata mereka dengan cepat bisa memahami prinsip kerja dari model yang mereka rakit. Big applause for ya!

Rasanya belum lengkap aktivitas ini, sebelum melihat robot karya tangan teman-teman SLTP Gamaliel beraksi. Teng-tedeeeng-….. mobil bertenaga surya berjalan mantap dengan bohlam sebagai sumber tenaganya. Begitu juga dengan system alarm pencuri. Rangkaian elektro yang mereka buat berhasil membuat teman-teman lain kagum. Buzzer yang dianalogikan sebagai alarm, berbunyi nyaring ketika sensor electromagnet terlepas dari magnetnya.

cimg2811Kali ini, presentasi ditutup dengan demonstrasi robot excavator yang dikontrol dengan system udara bertekanan (pneumatic) dan system sliding door yang dilengkapi dengan sensor cahaya. Ekspresi antusias dan penasaran tidak dapat lagi dibendung dari wajah mereka. Setelah selesai didemokan, teman-teman masih maju ke depan untuk mencoba menjalankan robot tersebut dengan tangan mereka. Kami jadi bersemangat untuk menjelaskan prinsip kerja dari sliding door dan excavator tersebut.

Terima kasih teman-teman SLTP dan Bapak/Ibu Guru. Kami banyak belajar dari kalian hari ini. Kami tunggu aksi SLTP Gamaliel di kompetisi robot tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: