SMA Katolik Cendrawasih

Halo semuanya.. Pada tanggal 1 Mei 2009, kami berkesempatan untuk mengadakan roadshow di kelas akselerasi di SMA Katolik Cendrawasih.. Jumlah siswa di kelas ini sangat sedikit, hanya 13 orang kalo nda salah hitung. Hal ini berarti bahwa murid-murid di kelas ini memang murid pilihan dan bener2 mampu untuk ikut sistem percepatan. Hebat yah. Saya jadi kagum sama mereka..

Berikut hasil dokumentasi di sekolah ini dan keterangannya dapat dilihat di bawahnya.

Jadi, pada saat kami sampai di lokasi yaitu kelas akselerasi, kami cukup kaget karena jumlah siswanya hanya segelintir orang.. Tapi kemudian kami tersadar, bahwa ini kan kelas akselerasi.. Wajar saja dong kalo siswanya sedikit, karena pastinya hanya mereka yang berkompeten saja yang mampu duduk di kelas ini.

Roadshow kali ini terbagi atas tiga sesi, yaitu presentasi, perakitan bersama, dan presentasi serta peragaan robot..

Pada sesi pertama, alhamdulilah murid-murid antusias dalam menyaksikan bahan presentasi kami. Alhamdulilah juga, suasana tegang yang sempat terasa di awal presentasi akhirnya mencair.. Sesi pertama ini berlangsung cukup singkat. Setelah itu, kami membagi para siswa ke dalam grup-grup kecil, sehingga terdapat 4 grup yang akan merakit robot.

Robot yang mereka rakit ada 4 macam, yaitu Solar Car, Oil pump with solar cell, kitchen appliance, dan wind mill a.k.a kincir angin. Keempat model ini memiliki sistem penggerak yang berbeda-beda. Untuk solar car dan oil pump, sistem penggeraknya tentu saja berupa solar cell. Solar cell ini tentu saja mengandalkan cahaya matahari atau cahaya bohlam 100 watt. Kitchen appliance, atau robot yang menyerupai mixer, menggunakan penggerak berupa motor DC. Sedangkan wind mill, masih belum menggunakan penggerak, karena robot ini digunakan untuk mempelajari sistem mekanis dari kincir angin, penyaluran putaran dengan menggunakan roda gigi.

Setelah mereka merakit, mereka menjelaskan prinsip kerja dari robot tersebut di depan teman-temannya. Hal ini banyak mengundang pertanyaan dari antara mereka, entah pertanyaan serius atau pertanyaan menjebak atau pertanyaan main-main..

Setelah itu, kami kemudian memperagakan salah satu robot andalan kami, yaitu robot pengikut garis.. Robot ini akan berjalan dengan mengikuti garis hitam yang terdapat di track nya..

Nah nah, demikianlah roadshow kami di SMA Katolik Cendrawasih. Terimakasih kepada pihak sekolah yang telah mengijinkan kami, kepada Pak Marinus, dan kepada teman-teman SMA Katolik Cendrawasih kelas akselerasi.. Mudah2an kita dapat berjumpa di lain waktu, entah di kompetisi maupun di ekskul sekolah kalian.. Dadah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: