SMP Kristen IPEKA

12 Januari 2009 @ SMP Kristen IPEKA

Jadwal roadshow kami yang kedua pada bulan ini bertempat di SMP Kristen IPEKA.. Pukul 10.45, kami sudah berangkat dari kantor, maklum, roadshow kali ini mulainya agak siangan, jam 12.00. Sesampainya di IPEKA, kami bertemu dengan guru perwakilan kepala sekolahnya terlebih dahulu,, lalu kami pun menuju ke ruangan aula SMP IPEKA.. Buset,, aulanya ini terletak di lantai 4, lumayan jauh menurut kami, karena setiap anggota tim membawa beban berupa perlengkapan yang agak berat.. Dengan seperempat ngos-ngosan, kami akhirnya tiba juga di aulanya, dan langsung melakukan persiapan alat.

Nih ruangannya, besar amat ya..

cimg2360

Nah, setelah persiapan selesai, murid-murid sudah berkumpul, presentasi pun dimulai.. Wah, ada bapak dan ibu guru juga.. Mereka ikut menonton bahan presentasi kami, sekalian mengawasi murid-murid mereka..

cimg2373

cimg2375

Trus, setelah sedikit video presentasi yang dipertontonkan, kami pun meminta kesediaan adik-adik merangkai robot bersama Dhani dan Lutfi. Satu modul dirakit oleh 3 orang.. Jadi semuanya ada 6 orang yang merakit, masing-masing dari perwakilan kelas 7, 8, dan 9. Modul yang dirakit kali ini adalah profi e-tec yaitu alarm system, dan profi oeco-power yaitu rotating swing.

cimg2383

cimg2382

Alarm system menunjukkan bagaimana prinsip kerja sederhana dari alarm pintu, guna mencegah datangnya tamu tak diundang alias maling. Sedangkan rotating swing [ini dia nih, modul baru kami].. Rotating swing ini bekerja dengan menggunakan energi dari solar cell, tau kan solar cell itu apa??

Solar cell itu merupakan cell [semacam penampang] yang digunakan untuk menampung sinar cahaya. Biasanya solar cell itu menampung energi cahaya matahari, tapi solar cell yang kami gunakan dapat menampung sinar cahanya yang berasal dari bohlam 100 watt maupun sinar matahari. Bagus kan? Nah, modul yang dibuat, rotating swing ini, akan berputar jika mendapatkan energi dari solar cell tadi. Tau kan rotating swing itu apa?? Itu loh, maenan putar-putar yang biasanya ada di tempat bermain, seperti ancol dan sebagainya..

Rotating swing ini merupakan salah satu model dari Profi oeco power.. Profi oeco power ini sendiri memberikan model-model dengan sumber energi terbarukan, seperti energi angin, energi matahari atau cahaya, dan energi air. Jadi pas sekali untuk pembelajaran prinsip energi terbarukan beserta aplikasinya, mengingat sekarang kita harus mengurangi pemanasan global.. [lebih lanjut baca di page “Produk”]

Nah,, lanjut… Kembali ke adik-adik smp ipeka. Setelah mereka selesai merakit [merakitnya hanya sekitar 15 – 20 menit loh], mereka pun mejeng sejenak dengan hasil rakitan mereka masing-masing..

cimg2397

cimg2396

Trus, adik-adik pun menjelaskan tentang hasil rakitan mereka, mereka sudah buat apa, dan juga mempraktekkan hasil rakitan mereka.

cimg2398

Liat nih gambar di bawah, rotating swingnya diberikan energi berupa energi cahaya,, tapi sayangnya,,, gak keliatan kalo berputar ya?? Padahal model ini berputar loh.. Kalo gak percaya tanya aja sama adik-adik smp ipeka yang merakitnya.. [hehehehehe]

cimg2395

Setelah itu,, kami pun melanjutkan presentasi, diakhiri dengan mencoba robot kami, obstacle light detector.. Tau kan prinsip kerjanya kayak gimana.. Udah pernah kok dijelaskan sebelumnya..

cimg2414

cimg2416

After that,, kami pun pamitan pulang.. Terima kasih Pak Kepala Sekolah, terima kasih Bapak dan Ibu guru,, terima kasih adik-adik.. We’ll see you next time..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: